Ada sebuah hadist nabi Shallahu ‘alaihi wasallam yang menarik untuk kita cermati terkait masalah warisan.Hadist tersebut di ceritakan oleh Sa’ad bin Abi Waqos dan diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi:

إنك يا سعدُ أَن تَدَعَ ورثتك أغنياءَ خيرٌ لك من أن تدعَهم عالةً يتكففِون الناس

Artinya : "Rasulullah bersabda : wahai Sa’ad, meninggalkan anak dan keturunanmu dalam keadaan kaya raya jauh lebih baik dari pada meninggalkan mereka menjadi beban masyarakat".

Hadist itu sering dimaknai dengan memberikan harta benda secara berlimpah kepada anak dan keturunan.

Dalam Analisa saya “keadaan kaya raya” yang disebut di dalam hadits tidak hanya memiliki pengertian pemberian harta benda namun lebih jauh dari itu yaitu memberikan bekal pengetahuan yang dapat membuat mereka surfive saat orang tua wafat.

Analisa tersebut di dasari oleh alasan rasulullah saw saat memberikan advice di atas yaitu : “agar tidak menjadi beban masyarakat.” Seseorang yang ditinggalkan harta benda secara berlimpah oleh orang tuanya tanpa ilmu pengetahuan akan tetap menjadi beban masyarakat akibat kurang mampu untuk mengelola harta peninggalan tersebut.

Ia hanya mampu menghabiskan dan membelanjakan harta peninggalan tanpa mampu mengembangkannya, ia hanya bisa berfoya-foya lalu terpuruk menjadi miskin dan menjadi beban masyarakat setelah kaya raya dari peninggalan warisan orang tuanya.

Meninggalkan harta benda dan kekayaan untuk anak keturunan sangatlah penting namun yang lebih penting adalah membiayai mereka untuk menuntut ilmu pengetahuan yang dapat membimbing mereka untuk menjalani kehidupan dengan mulia dan terhormat.

Mari kita belanjakan kekayaan kita untuk Pendidikan keislaman mereka yang akan membentengi mereka dari kehinaan. Jangan bakhil untuk membelanjakan harta kita jika tujuannya adalah edukasi mereka menjadi hamba Allah subhanahu wata’ala

Wallahu’alam.

Butuh Jasa Penyelesaian Waris? Hubungi
0896-5331-2998

Oleh: Ustadz Ahmad Bisyri Syakur, Lc. MA
Konsultan Waris Islam Zaid Bin Tsabit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *