Netral, Sikap Yang Sering Salah Tempat  – Banyak orang yang merasa paling baik jika dia berkata bahwa dirinya netral dalam menyikapi dua hal yang bertentangan. Banyak

Netral, Sikap Yang Sering Salah Tempat

orang merasa puasa jika dirinya bersikap netral diantara dua kubu yang berseteru. Sebaliknya orang –orang yang memilih sikap netral sering memandang orang lain yang berfihak kepada salah satu dari dua kubu yang bersetru lebih rendah dan lebih bodoh dari dia yang bersikap netral.

Pertentangan antara al-haq dan al-batil adalah urusan yang wajib bagi kita untuk berpihak kepada salah satu dari dua kubu tersebut. Berpihak kepada yang hak atau berpihak kepada yang batil.

Pertentangan antara iman dan kufur adalah urusan yang wajib bagi kita untuk berpihak kepada salah satu diantara dua pilihan. Berpihak kepada kufur atau berpihak kepada iman. Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa Allah swt itu tidak netral dan selalu berpihak.

  • Allah swt selalu berpihak kepada orang-orang yang bertaqwa. (al-baqarah :194, at-taubah : 36,123)
  • Allah swt selalu berpihak kepada orang-orang yang beriman. (An-Nisa:146 dan Al-Anfal :19)
  • Allah swt selalu berpihak kepada orang-orang yang bersabar. (al-baqarah: 153 dan 249 juga al-anfal: 46 dan 66)
  • Allah swt selalu berpihak kepada orang-orang yang dizalimi. (HR.Bukhori dari Abdullah bin Abbas)
    عن ابن عباس رضي الله عنهما  : أن النبي صلى الله عليه و سلم بعث معاذا إلى اليمن فقال ( اتق دعوة المظلوم فإنها ليس بينها وبين الله حجاب )
    Artinya: lindungi dirimu dari doa orang yang kamu zalimi karena Allah swt berpihak kepada mereka dan mendengar keluh kesah mereka.
  • Allah swt selalu berpihak kepada orang –orang yang mustadh’afin. (al-qosos:5)

Sebaliknya…

  • Allah swt tidak pernah berpihak kepada orang-orang kafir. (al-baqarah :264, ali imron :32, al-maidah :67)
  • Allah swt tidak pernah berpihak kepada orang-orang musyrik (al-an’am:106, at-taubah :1dan 3, yunus :105)
  • Allah swt tidak pernah berpihak kepada orang-orang munafiq.(an-nisa:138, 140, 145, at-taubah :68)
  • Allah swt tidak pernah berpihak kepada orang-orang fasik. (at-taubah :67)
  • Allah swt tidak pernah berpihak kepada orang-orang zalim. (al-baqarah :258, ali-imron :57, 86,140)
  • Allah swt tidak pernah berpihak kepada orang-orang sombong dan angkuh. (an-nahl;23, al-hadid:23, luqman : 18)

Dengan data-data yang valid dari Al-qur’anul karim dan sunnah nabawiyah di atas  masihkan kita mengatakan bahwa bersikap netral itu bagus, mulia, cerdas dan dewasa.????

Pilkada DKI Jakarta  2017 adalah pilkada yang memberikan pilihan kepada kita untuk berpihak kepada salah satu calon yang ada. Pada putaran kedua ini pilihannya adalah calon gubernur muslim dan calon gubernur kafir.

Bagi orang yang muslim beriman maka dapat dipastikan bahwa mereka memilih calon gubernur muslim .

Bagi orang muslim yang munafiq dan fasik dapat dipastikan bahwa mereka memilih calon gubernur kafir.

Bagi orang muslim yang takut dibranding sebagai munafiq tapi tidak mau memilih calon gubernur muslim dan takut memilih calon gubernur kafir maka mereka akan berkata : “kami netral”..

Saudaraku….hidup ini hanya sebentar dan berakhir dengan kematian. Jika anda masih punya kepercayaan tentang kehidupan akhirat setelah kehidupan dunia ini maka bertaubatlah dari sikap netral yang tidak pada tempat yang sebenarnya. Sikap netral itu sentdiri sebenarnya adalah salah satu dari sekian banyak tanda-tanda kemunafikan seseorang. (an-nisa:143)
مُذَبْذَبِينَ بَيْنَ ذَلِكَ لَا إِلَى هَؤُلَاءِ وَلَا إِلَى هَؤُلَاءِ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ سَبِيلًا

Artinya : (orang munafiq itu) tidak berfihak kepada salah satu diantara dua sisi yang bertentangan, begitulah akibat Allah swt membuat mereka tersesat selamanya.

By : Ustadz Ahmad Bisyri, Lc, MA

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *