Apakah Harta Warisan Itu?

Apakah Harta Warisan Itu? – Harta warisan adalah semua kepemilikan halal seseorang dari harta dan hak material atau komersial yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya akibat meninggal dunia.

Apakah Harta Warisan Itu?Harta warisan berasal dari semua benda berharga yang pernah diperoleh dengan jalan yang halal seperti tanah, bangunan, kendaraan, tambak, ternak, perkebunan, persawahan, hewan peliharaan, benda-benda koleksi, perhiasan, tabungan, asuransi, dana pensiunan, uang royalty, uang takziyah, uang kematian dari instansi, kertas saham, surat-surat berharga dan lainnya.

Begitu juga semua hak-hak yang bernilai material atau komersial seperti hak ganti rugi kecelakaan, ganti rugi kematian, ganti rugi pembunuhan dan lainnya.

Harta warisan tersebut adalah kekayaan yang telah resmi dan sah serta dimiliki secara halal oleh seseorang dengan berbagai jalan yang dibenarkan oleh syariat islam seperti hasil perdagangan, hasil hibah, hasil warisan dari orang sebelumnya, hasil wasiat seseorang kepadanya atau upah kerja kepegawaian dan profesionalisme yang dimilikinya.

Dengan demikian semua kekayaan yang sah dan halal yang dimiliki oleh seseorang akan berstatus sebagai warisan yang wajib dibagikan hanya kepada mereka yang telah ditentukan oleh Allah swt.

Tidak ada hak bagi siapapun untuk menggunakan harta warisan seseorang kecuali setelah dibagikan berdasarkan ilmu faroid dan ketentuan syariat islam.

Jika seorang anggota keluarga yang menggunakan harta warisan tersebut sebelum ada pembagian yang resmi secara syariat maka orang itu telah memakan harta saudaranya dengan jalan yang batil dan ia dituntut untuk mengembalikan harta warisan tersebut ketika akan dibagian secara resmi. Jika tidak, maka ia wajib meminta dihalalkan oleh ahliwaris lainnya.

Subhanallah, begitu sempurna Allah mengatur tentang hukum waris sehingga tidak ada celah untuk menggunakan hukum. Kita tinggal mengikuti aturan yang dibuat Allah Swt dalam hal waris tidak perlu susah-susah membuat aturan sendiri. Dan ketika kita menggunakan Hukum waris islam sebagai solusi dalam pembagian waris keluarga kita maka Allah Swt sangat mengapresiasi, bahkan dijanjikan surga, Subhanallah. Jadi mari kita gunakan hukum waris islam dalam keluarga kita, Insya Allah harta yang kita peroleh dari warisan menjadi berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *